11/09/2016

15 Manfaat Minyak Kelapa VCO Untuk Kehidupan Sehari-hari

Minyak kelapa dara atau yang lebih populer dengan sebutan VCO (Virgin Coconut Oil) bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari. Sayangnya nih, banyak orang di sekitar saya, termasuk generasi sepuh yang tidak mengetahuinya. Mereka balik bertanya, minyak kelapa dipakai untuk apa.

manfaat minyak kelapa VCO

Daripada jawaban yang saya berikan hilang tak berjejak, maka saya coba tuliskan di sini. Sebagian besar manfaat VCO berikut sudah saya coba sendiri.

VCO sebagai bahan makanan dan kesehatan

1. Untuk menumis atau menggoreng (deep frying = menggoreng yang perlu tercelup minyak)
2. Diminum begitu saja, ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, bisa juga untuk diet ketogenik. Yang untuk penjagaan kesehatan itu cukup 1 sendok makan setiap pagi dan malam.
3. Sebagai pengganti mentega/margarin dalam pembuatan cake/kue. Karena terkadang orang menyamakan antara mentega dan margarine yang sebenarnya berbeda.
4. Untuk campuran smoothie alpukat agar lebih berkhasiat.
5. Untuk membuat saus, seperti mayones dan sambal.
6. Dipakai untuk minyak pijat (bisa ditambah minyak jahe, caranya dengan merebus parutan jahe dalam minyak kelapa sampai aroma jahenya keluar)
7. Digunakan sebagai pembawa (vehiculum) untuk menyari bunga-bunga untuk diambil minyak esensialnya (bunga-bunga kering direndam dalam minyak kelapa dalam jangka waktu tertentu).

VCO untuk kecantikan dan perawatan tubuh

8. Dijadikan bahan baku sabun mandi batangan. Selain berfungsi sebagai pembusa alami, VCO berkhasiat mempersehat kulit dan anti bakteri. Ada loh, sabun yang 100% dibuat dari minyak kelapa.
9. Sebagai lotion dan tabir surya - dengan cara dioles begitu saja, tapi Anda yang punya kulit berminyak perlu berhati-hati menggunakannya. Minyak di kulit bisa semakin banyak.
10. Sebagai kondisioner untuk perawatan rambut. Bisa pula VCO dipakai untuk alternatif shampoo dengan dicampur madu dan cuka apel.
11. Untuk deodoran - dengan penambahan sedikit soda kue dan langsung dioleskan ke kulit.
12. Untuk pasta gigi - lagi-lagi dengan penambahan soda kue juga garam.
13. Sebagai minyak untuk melakukan oil pulling (berkumur-kumur dengan minyak selama 10 sampai 30 menit setiap hari untuk kesehatan gigi dan mulut)
14. Untuk bahan baku lipstik dan eyeliner/eyeshadow.

Penggunaan VCO yang lain

15. Untuk mengolesi wajan besi agar tidak berkarat.

Dan masih banyak lagi manfaat minyak kelapa VCO untuk kehidupan sehari-hari. Dengan memakai minyak kelapa sebagai bahan perawatan tubuh sehari-hari, kita bisa mengurangi paparan racun yang terdapat dalam produk-produk perawatan tubuh komersil, semisal fragrance dalam sabun dan alumunium dalam deodoran.

Dengan melimpahnya buah kelapa di negeri ini, kita bisa membuat minyak kelapa sendiri. Caranya, silakan baca artikel cara membuat minyak kelapa paling mudah dan murah.

1 comment:

  1. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal pastikan hanya mengggunakan minyak VCO yang asli. Inilah tempat yang jual minyak VCO asli

    ReplyDelete

I'd love to hear you saying something: